Devinisi Komputer



2.1.   Devinisi Komputer

       Istilah komputer mempunyai arti yang  luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah  komputer (Komputer)  diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa  tugas, yaitu menerima  input, memproses input sesuai dengan instruksi yang  diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan  menghasilkan  output  berdasarkan  instruksi- instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah  input,

memberikan informasi, menggunakan suatu program yang  tersimpan di memori  komputer,  dapat menyimpan  program dan  hasil pengolahan,  serta bekerja secara otomatis.

 Sistem Komputer

      Tujuan pokok dari  sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari  perangkat keras (hardware),  perangkat lunak (software),  dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu,  dan brainware adalah  manusia yang  terlibat  di  dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.

        Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akanberarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.

Struktur Komputer

Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen saling terkait. Struktur sebuah    komputer secara sederhana dapat digambarkan dalam diagram blok pada gambar berikut ini.
\
Bagian CPU/Processor, Memori dan Port I/O terletak (terpasang) pada Mother Board. Secara ringkas maka sistem komputer terdiri atas tiga bagian penting yaitu:
1. CPU ( Central Processing Unit ) / Processor
2. Memory ( RAM dan ROM )
3. Input / Output
Sedangkan fungsi komputer  didefinisikan sebagai operasi masing- masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing - masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut:

1. Input Device (Alat Masukan) perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan  data atau  perintah ke
dalam komputer.
2. Output Device (Alat Keluaran) berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahandata. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (kemonitor), ataupun berupa suara.
3. I/O Ports bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke  luar sistem. Peralatan input dan output diatas terhubung melalui port ini.
4. CPU (Central Processing Unit)  merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu:
a. ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data.
b.   CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
5. Memori > berfungsi untuk menyimpan data dan program. Memori beraneka tipe dari yang tercepat aksesnya sampai yang terlambat. Berdasarkan kecepatan aksesnya dapat dibuat hirarki
memori seperti pada table berikut.:

>Register
>Cache Memory
>Main Memory
>Sekunder Memory

6. Data Bus : Jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada  suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa  1 bit data, maka jumlah saluran
menentukan jumlah bit yang  dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima
data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32,
atau 64 jalur paralel.
7. Address Bus :  Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat  memori yang akan  ditulis atau  dibaca. Address bus biasanya terdiriatas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.8. Control Bus  digunakan untuk mengontrol penggunaan serta  akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur  paralel.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Devinisi Komputer"

Posting Komentar